Monday, July 9, 2012

Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh - Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Manfaat Belimbing WuluhWalau sama-sama bernama buah belimbing, namun buah yang satu ini termasuk kategori sayuran. Kenapa sayuran karena buah belimbing yang satu ini lebih sering dipergunakan untuk memasak dari pada dijadikan santapan sebagai buah yang biasanya sebagai penutup makan. Ya'ul, jenis buah ini bernama buah belimbing wuluh yang kaya akan vitamin C. Rasanya yang masam / asyem sekali sangat cocok digunakan untuk sayur asam, asem-asem bandeng, bahkan pepes. 
Belimbing Wuluh


Manfaat Belimbing Wuluh -Namun jika kita pintar-pintar mengolah, ternyata buah belimbing wuluh ini juga bisa digunakan sebagai manisan, baik manisan berkuah ataupun manisan kering. Nah lho, rasanya kan masam sekali? Yup, memang masam namun ada cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan sama sekali rasa masamnya. Caranya adalah dengan:

  1. menggosok-gosokkan buah belimbing wuluh dengan parut hingga air dari buah belimbing wuluh keluar namun jangan sampai buahnya hancur jadi usahakan buahnya tetap utuh.
  2. Setelah itu rendam belimbing wuluh dengan air kapur, agar tekstur buah belimbing wuluh kesat dan tidak mudah hancur, selain itu agar buah belimbing wuluh rasanya tidak terlalu masam.

Nah, sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mengolah belimbing wuluh untuk dijadikan manisan tapi rasanya tidak terlalu masam. Bukan hanya segar untuk diolah jadi sayuran, pepes, bahkan manisan, ternyata si masam ini juga mempunyai banyak manfaat untuk mengobati penyakit antara lain batuk, sariawan, sakit perut, gondokan, rematik, sakit gigi berlubang, gusi berdarah, kelumpuhan, jerawat, panu, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Belimbing WuluhMulai dari bunga, buah, dan daun belimbing wuluh sangat berkhasiat mengobati penyakit. Berikut ini adalah masing-masing manfaat dari pohon belimbing wuluh, yaitu:
1. Buah belimbing wuluh, berkhasiat untuk:
- Batuk rejan
- Gusi berdarah
- Sakit gigi karena gigi berlubang
- Jerawat
- Penyakit kulit panu
- Tekanan darah tinggi
- Kelumpuhan
- Memperbaiki fungsi pencernaan
- Radang rektum
2. Daun belimbing wuluh, berkhasiat untuk:
- Sakit perut
- Gongdokan
- Rematik
3. Bunga belimbing wuluh, berkhasiat untuk:
- Batuk terutama untuk bayi
- Sariawan

Manfaat Belimbing Wuluh - Cara pengolahan bunga belimbing wuluh untuk obat batuk adalah:
1. Ambil bunga belimbing wuluh secukupnya, cuci bersih.
2. Rendam bunga belimbing wuluh dalam gelas dengan air panas lalu beri gula batu secukupnya. Rendam hingga air berwarna merah.
3. Setelah itu saring air rendaman belimbing wuluh dan minum airnya
Sumber: http://ndopoktegal.blogspot.com/2012/05/walau-sama-sama-bernama-buah-belimbing.html

No comments:

Post a Comment