Sunday, July 15, 2012

Manfaat Daun Kemangi Sesungguhnya

Manfaat Daun Kemangi Sesungguhnya - Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Manfaat Daun Kemangi Sesungguhnya. Daun kemangi memang enak buat yang namanya lalapan. Tapi, dibalik enaknya daun kemangi siapa sangka menyimpan berbagai khasiat yang mungkin tak pernah kita tahu.  Meskipun murah dan banyak ditemukan, kemangi yang disebut juga dengan istilah Lemon Basil betul bisa unjuk gigi. Mengoleskan rebusan kemangi bersama bawang merah dan minyak kelapa pada bagian perut, dada dan punggung ternyata dapat meredakan perut kembung dan masuk angina.

Jika anda memiliki masalah bau badan dan bau mulut, mengkonsumsi kemangi segar atau meminum air rebusan kemangi daun beluntas, dan kunyit dapat mengatasinya. Menurut John Henry M dalam bukunya yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical”, daun kemangi berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri payudara dan batu ginjal. Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, gangguan menstruasi, sakit telinga dan sakit kepala (migraine), infeksi usus dan gangguan saraf. Tidak hanya itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk. Bagi pria, senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prepatur dan zat ariginnya dapat mempertinggi daya tahan sperma serta mencegah kemandulan.
Daun Kemangi


Manfaat Daun Kemangi - Sedangkan bagi wanita, senyawa anetol, boron, eugenol dam stigmasterolnya mampu merangsang hormone estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan serta merangsang pematangan sel telur. Minyak racikan kemangi berfungsi melawan bakteri Staphylococcus aureus, salmonella enteritidis, dan Escherichia coli, menangkal infeksi akibat virus Basilius subtilis, Salmonella paratyph dan Proteus vulgaris. Tidak hanya itu saja, zat flavonoid dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh dan berperan sebagai antibiotic alami.

Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Di bidang kecantikan, kemangi dapat disuling dan diambil minyak atsirinya sebagai campuran pembuatan obat ataupun untuk bahan perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, pelembab tubuh, dan minyak dan minyak aroma terapi. Namun penggunaan kemangi sebagai minyak pijat sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap wanita hamil. Jika dicampur dengan lulur, kemangi dapat merangsang peredaraan darah tubuh sehingga kulit lebih halus dan berkilau serta mengatasi masalah jerawat dan kerontokan rambut.

Manfaat Daun Kemangi - Di India dan sebagian wilayah di Afrika, seduhan “teh kemangi” lazim disajikan menggantikan seduhan daun the asli. Minuman tersebut biasanya disajikan pada saat pergantian musim, yaitu ketika orang mudah terserang batuk, pilek ataupun demam. Berbeda dengan di Eropa, si sana kemangi disuling dan diambil minyak atsirinya. Minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan campuran pembuatan obat maupun untuk perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, body lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan dan minyak aroma terapi.

Bagi wanita, kemangi termasuk makanan sehat yang sangat bermanfaat. Kemangi kaya senyawa anetol dan boron yang merangsang hormone estrogen, sedangkan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel (ovulasi), tannin dan sengnya mengurangi sekresi cairan vagina. Zat triptofan yang terkandung dalam kemangi bisa menunda monopouse. Kemangi memang bukan sayuran sembarangan.

Berikut beberapa cara singkat dan mudah yang dapat anda manfaatkan dari sayuran ini adalah:

  1. Panu, segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2X sehari.
  2. Sariawan, 50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2-3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
  3. Mual, Teh yang dibuat dari daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi mual, disentri atau menurunkan panas (sebagai antipiretik). Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air lalu minum. Bila perlu tambahkan madu sebagai pemanis.
  4. Nafas tak sedap, untuk mengurangi bau nafas yang tak sedap, sering-seringlah makan lalapan daun kemangi, daun kunir dan beluntas.
  5. Bau Badan dan Keringat, Tumbuh halus daun, biji dan akar kemangi secukupnya, lalu seduh dengan air panas sebanyak saring air seduhan lalu tambahkan gula aren secukupnya. Minum air seduhan pada pagi dan malam hari.
  6. Ejakulasi dini, peluruh gas perut, peluruh haid, peluruh ASI, panas dalam dan sariawan, Rebus daun kemangi segar atau kering sebanyak 15 gram dalam 2 gelas air selama 15 menit. Minum dua kali sehari masing-masing ½ gelas. Dan jika anda merasa terganggu dengan serangan nyamuk di malam hari, abu kemangi bisa digunakan untuk menghalau serangan tersebut. 

Nah setelah membacanya tau sendirikan apa manfaat daun kemangi.
Sumber: http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/03/manfaat-daun-kemangi-atasi-ejakulasi.html

1 comment: